Selasa, 06 Juli 2010

Makalah Bisnis Plan


Dalam Makalah Bisnis Plan ini akan menerangkan tentang "Rujak Polar Bear" .Disini akan membahas semua perincian yang akan di uraikan dalam Bisnis Plan Pemanfaatan kombinasi makanan kuliner kudapan tradisional, berikut adalah Makalah Bisnis Plan tersebut.

1. RINGKASAN EKSEKUTIF
• Memanfaatkan kombinasi makanan dalam memperkaya khasanah kuliner kudapan tradisional. Rujak merupakan makanan tradisional yang dikombinasikan dari berbagai jenis buah-buahan. Untuk menambah manfaat dan nilai jual, ditambahkan es cream sebagai toping.
• Mengingat dalam kawasan kampus Brawijaya dan sekitarnya, terutama di lingkungan FISIP yang belum memiliki kantin, maka kami membuka stan yang menjual kudapan tradional. Kami menghadirkan inovasi baru dalam memenuhi kebutuhan konsumsi (makanan ringan) mahasiswa FISIP dan kalangan umum. Dengan begitu pangsa pasarnya terbuka untuk menjual produk yang inovasi baru.
• Sebagai mahasiswa yang memilki waktu luang disela-sela kuliah, maka kami memanfaatkan waktu jeda kuliah untuk mencari pengalaman dan penghasilan tambahan. Di sisi lain, dengan melakukan kegiatan ini kami sekaligus belajar mandiri dan berwirausaha.

2. PERNYATAAN VISI DAN MISI
Visi : Menjadi perusahaan kuliner olahan yang prospektif dan inovatif
Misi :
• Melakukan inovasi dalam kudapan tradisional supaya menghasilkan sentuhan rasa yang berbeda sehingga lebih banyak diminati konsumen
• Memperkenalkan kudapan sehat, enak dan terjangkau
• Memenuhi kebutuhan konsumsi mahasiswa FISIP
• Siap sedia melayani konsumen




3. PANDANGAN PERUSAHAAN
Usaha kami bergerak di bidang produk kuliner (Rujak Polar Bear) yang dipasarkan di lingkungan Universitas Brawijaya, khususnya Mahasiswa FISIP. Produk di pasarkan secara langsung ke konsumen dengan cara membuka stand di Gedung Baru FISIP.
a. Sejarah Perusahaan
Perusahaan ”Rujak Polar Bear” berjalan di bidang kudapan tradisional dengan memberikan inovasi baru. Perusahaan ini akan didirikan pada tanggal 1 Juli 2010. Adapaun asal mula dari didirikannya perusahana ini adalah inisiatif dari 6 mahasiswa FISIP yang ingin melakukan kegiatan wirausaha untuk mengisi waktu luang sekaligus untuk mendapatkan pengalaman baru di luar kuliah. 6 orang mahasiswa FISIP tersebut tergabung dalam club “Rujak Polar Bear”.
Brawijaya adalah universitas yang memiliki slogan enterpreneurship, sehingga mahasiswa ingin mencoba membuka usaha melalui image branding yang dimiliki oleh Universitas Brawijaya. Diharapakan masyarakat bisa menilai bahwa Universitas Brawijaya memilki kepekaan terhadap universitas dan lingkungannya. Sekaligus memasarkan image branding yang sudah dimiliki Universitas Brawijaya.
b. Kepemilikan Perusahaan
Perusahaan dimiliki oleh Partner Group atau partnership, dimana nama perusahaan adalah “Rujak Polar Bear” . Adapun pemilik dari perusahaan ini adalah :
1. Irza Khurun’in
2. Maya Aulianissa
3. IGN. Eka Putra
4. Firda Indrayanti
5. Komang Harry Dharma Yudha
6. M. Anas Roziqi
Modal awal perusahaan diperoleh dari masing-masing anggota dengan jumlah nominal yang sama. Maka, apabila perusahaan memperoleh laba akan dibagi secara adil. Dan apabila terjadi kerugian dalam menjalankan perusahaan ini akan ditanggung bersama.
4. PERENCANAAN BARANG
Perusahaan kami bergerak dibidang kudapan tradisional dengan memberikan inovasi, yakni produk kami bernama ”Rujak Es Cream”. Keunggulan dari Produk rujak es cream ini antara lain:
• Sehat karena terbuat dari buah-buahan
Kami menginginkan produk kami tidak hanya bermanfaat sebagai jajanan biasa, tapi juga jajanan atau kudapan yang multifungsi, yakni selain sebagai makanan ringan tapi juga menyehatkan karena produk kami berbahan dasar buah-buahan.
• Harga terjangkau
Karena sasaran utama kami adalah kalangan mahasiswa dan juga kalangan umum sekitar wilayah Universitas Brawijaya, maka kami memberikan harga yang terjangkau.
• Stan penjualan mudah dijumpai
Mengingat di gedung baru FISIP UB belum terdapat kantin khusus, kami akan membuka stan penjualan di gedung baru FISP UB. Tempat yang akan kami gunakan sebagai stan penjualan kami terbilang cukup strategis.
Rujak Polar Bear adalah rujak manis pada umumnya, namun kami memberikan inovasi baru dengan menambah toping diatasnya sehingga menjadikan sensasi yang berbeda dari sekedar rujak manis biasa.
Bahan dasar yang digunakan yaitu buah-buahan, seperti bengkoang, mentimun, mangga muda, nanas, apel, yang di olah menjadi rujak manis. Kemudian, rujak tersebut di kombinasi dengan memberikan toping es cream yang di letakkan di atasnya. Dalam penjualannya, Rujak Polar Bear perporsi berisikan 200gram rujak dengan toping 1 scope es cream, begitu kelipatannya dalam porsi yang lebih besar. Dikemas dalam cup mika atau seterofoam yang sesuai dengan porsinya.
Usaha rujak polar bear ini menawarkan produk kudapan dengan inovasi yang lebih baru. Banyak yang beranggapan dalam menikmati rujak, lebih terasa kebersamaannya jika dikonsumsi secara beramai-ramai. Oleh karena itu, selain kami menyediakan porsi untuk sendiri, kami juga menyediakan porsi besar. Maca-macam porsi yang kami sediakan ini kami sebut dengan paket. Berikut macam-macam paket yang kami sediakan:
• paket ijenan = Rp3.500
paket ijenan disini maksudnya porsi untuk satu orang dimana penyajiannya dalam satu cup sterofoam yang bisa dibawa kemana-mana dengan isi 250gram dan 1 scope es cream di atasnya.
• paket keroyokan sedang (4org) =Rp 13.000
jika ingin menikmati dengan porsi yang lebih besar, kami menyediakan paket keroyokan sedang yang bisa dinikamati untuk 4 orang. Penyajiannya dalam satu cup sterofoam yang sedang dengan isi 1000gram dan 4 scope es cream di atasnya.
• paket keroyokan besar(7org) = Rp 23.000
kami juga menyediakan untuk porsi paling besar yakni paket keroyokan besar yang bisa dinikmati oleh 7 orang. Penyajiannya dalam satu cup sterofoam yang besar dengan isi 1750gram dan 7 scope es cream di atasnya.

5. PERENCANAAN PEMASARAN
Rencana periklanan produk akan dipasarkan melalui Download Selengkapnya diSini.....

Anda bisa mencari semua makalah tentang manajemen di sini Makalah Manajemen

Tags: Bisnis Plan, Makalah Bisnis Plan, Sistem Informasi, Manajemen Sistem Informasi

0 comments:

Posting Komentar

Ngobrol yuk seputar Makalah Manajemen ?? :-)
Jika ingin komentar Silahkan berkomentar ya teman ^_^