Jumat, 04 Juni 2010

Dennis Gabor


Dennis Gabor, siapakan orang tersebut ?
Ada yang sudah tahu tentang Dennis Gabor ?
Dennis Gabor adalah seorang fisikawan Britania Raya lahir di Kekaisaran Austria-Hungaria (sekarang kini Hongaria) beliau memenangkan Penghargaan Nobel dalam ilmu Fisika pada tahun 1971 untuk penemuannya dan pengembangannya pada metode holografis.
Dennis Gabor mendapat pendidikan di Budapest dan Berlin. Beliau menerima gelar diplomanya di Technische Hochschule Berlin pada 1924, dan Dr.-Ir. pada 1927. Setelah beliau lulus, Gabor bergabung dengan Siemens & Halske AG. Setelah dia melarikan diri dari Nazi Jerman pada 1933, Dennis Gabor diundang ke Inggris untuk bekerja pada pengembangan departemen British Thomson-Houston di Rugby, Warwickshire.
Pada 1947, saat bekerja di sana ia menemukan holografi, prestasi yang membuatnya memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada 1971. Holografi adalah ilmu yang memproduksi hologram, bentuk lanjutan fotografi yang memungkinkan sebuah gambar direkam dalam 3 dimensi. Namun holografi tidak tersedia secara komersil sampai pengenalan "laser" pada 1960. Gabor juga meneliti bagaimana manusia berkomunikasi dan mendengar; hasil penemuannya ialah teori sintesis granular, meski komponis Yunani Iannis Xenakis menyatakan, bahwa sebenarnya beliaulah penemu pertama teknik sintetis (Xenakis, Formalized Music, prakata xiii).
Pada 1948, Gabor pindah dari Rugby ke Imperial College London dan pada 1958, menjadi profesor Fisika Terapan sampai pensiunnya pada 1967.
Di samping dianugerahi Penghargaan Nobel, Dennis Gabor menjadi Anggota Royal Society London pada 1956, dan Anggota Kehormatan Akademi Ilmiah Hongaria pada 1964.

0 comments:

Posting Komentar

Ngobrol yuk seputar Makalah Manajemen ?? :-)
Jika ingin komentar Silahkan berkomentar ya teman ^_^