Kamis, 10 Juni 2010

Manajemen Sistem Informasi


Manajemen Sistem Informasi

Sasaran :
Mengidentifikasi beberapa teknis dan trend dari suatu organisasi yang akan menggunakan teknologi untuk meningkatkan kinerja organisasi Mengembangkan kerangka kerja Manajemen Sistem Informasi untuk mengatur sebuah organisasi.

Sejarah singkat :
Yang semula era industri berubah menjadi era informasi di mulai pada tahun 1957. Setiap pegawai (information workers) pekerjaannya menangani informasi melampau jumlah pekerja di era industri. Akhir tahun 1950 dan awal 1960 TI mendukung sistem informasi, telepon berkembang, komputer digunakan untuk aplikasi pemrosesan data Teknologi mulai tahun 1990 mulai diperkenalkan dengan biaya yang semakin murah.


Infrastruktur klasik
Pada tahun 1960 IT mulai bertumbuh dan merupakan suatu metode penting
dalam mengatur operasional yang tercakup dalam 4 bagian :
- Business computing, untuk pemrosesan data misalnya electric accounting machine
- Telecommunication, merupakan layanan vendor untuk mempercepat komunikasi
- Specialized office product, sebagai pusat penyimpanan surat, reproduksi dan pusat manajemen
- General office product, untuk mengendalikan tugas secara administrasi, pengaturan faximile, mekanisme anggaran tahunan
Dengan semakin banyaknya teknologi maka saat itu belum ada teknologi yang bisa menangani hal tersebut.

Kebutuhan untuk integrasi
Tekanan untuk integrasi infrastruktur dimulai akhir tahun 1970an, word processor dan intelligent office product menjadi komputer untuk tujuan umum yang dapat bisa menangani berbagai macam software. Penggunaan PABX (private branch exchange) semakin meluas dan bisa menangani komunikasi dan berbagai macam penggunaan jaringan lokal (LAN). Mainframe system berubah menjadi distributed system.

Lingkungan organisasi
Teknologi dapat digunakan tergantung pada lingkungan organisasi yang menggunakan, termasuk kondisi ekonomi, sumber daya manusia serta sosial. Terdapat 2 aspek lingkungan organisasi yaitu ekternal dan internal organisasi.

Lingkungan organisai ekternal,
IT sangat mempengaruhi restrukturisasi baik secara individu maupun organisasi antara lain :
- Pentingnya nilai kualitas, kualitas yang dimaksud adalah dapat memuaskan customer dan mengurangi catat produksi yang akan dijual, pengiriman produk dan layanan pelanggan, sehingga Manajemen Sistem Informasi merupakan sumber daya utama dalam meningkatkan performance organisasi dan tingkat persaingan ketat
- Peduli lingkungan, ekologi, pemrosesa ulang dan era hijau lagi merupakan hal penting tahun 1990an yang dapat menyelamatkan bumi
- Consumer computing, terjadi peningkatan sistem mengakses sistem komputer perusahaan, seperti penggunaan ATM dalam mengecek saldo, penggunaan website oleh Federal Express dalam melacak
paket yang dikirimkannya
- Deregulasi, terdapat kemudahan dari pemerintah pada perusahaan seperti penerbangan, perbankan dan telekomunikasi Menyatukan batasan dalam organisasi, semua perusahaan dapat saling terkoneksi dan menyatukan batasan selama ini misalnya asuransi jiwa dapat menyatukan dalam bentuk uang investasi
- Globalisasi, globalisasi terjadi pada dunia misalnya dalam perakitan produk tertentu yang dapat dilakukan di negara oleh lain untuk menghemat biaya.
- Percepatan siklus produk dan layanan, perusahaan tidak mempunyai banyak waktu dalam mengembangkan produksi yang baru dan layanan sehingga mengantungkan pada inovasi penggunaan IT

Lingkungan organisai internal
Lingkungan kerja yang berubah menyebabkan perlunya pengaturan sumber daya manusia yaitu cara kerja dan bagaimana organisasi tersebut dapat beroperasi
- Pertumbuhan business team, trend bekerjasama dalam team akan lebih baik dalam individu, tugas yang akan dikerjakan dalam bentuk suatu proyek dapat dilakukan dengan komunikasi dan kolaburasi antar team
- Anytime, anyplace information work, pekerja informasi semakin mobile menggunakan notebook dikombinasikan dengan modem, handphone, telephone, email dan facsimile sehingga dapat bekerja setiap waktu dan dimana saja kita berada.
- Outsourcing dan strategic Alliances, akan membuat suatu organisasi lebih efisien dan produktif dengan penggabungan relasi antar organisasi tersebut
- Hilangnya bentuk hirarki, struktur hirarki tradisional yang mengontrol semua dari pimpinan berubah pengaturan oleh kelompok group dirasakan dapat meningkatkan produktivitas, motivasi dan tanggung
jawab yang lebih baik.

Lingkungan teknologi
Lingkungan teknologi memungkinkan peningkatan perfomance dalam organisasi. IT dan organisasi akan menggabungkan masalah hardware, software, data dan komunikasi.
- Trend Hardware, batch processing berubah menjadi online processing, minicomputer beralih ke personal computer, client/server mulai dikenalkan.
- Trend Software, software dan pemrograman digunakan untuk membuat sistem pemrosesan transaksi dengan layanan time sharing service, application dan kontrak pemrograman yang tergantung dengan pengembang software(software house). Tahap berikutnya programming menggunakan teknik modular dan pemrograman terstruktur hingga munculnya open sistem. Trend terakhir dari microsoft dengan aplikasi perkantoran dan software pengembangan ke arah web yaitu Java dari Sun microsystem.
- Trend Data, pada awalnya dikembangkan file manajemen yang melayani aplikasi per individu, beralih ke database management (DBMS), hingga sekarang ke arah data terdistribusi serta terakhir knowlegde management menggunakan data warehousing dan data mining untuk menyediakan akses data dan informasi yang lebih efektif.
- Trend Komunikasi, Teknologi komunikasi memungkinkan untuk distribusi komputasi dan tanggung jawab dalam area tertentu misalnya LAN, WAN hingga internet. Lingkungan jaringan berbasis komputer dapat menggabungkan TV PC dan Telepon. Sekarang lebih banyak dikembangkan teknologi tanpa kabel (wireless) yang semakin cepat dan murah harganya.

Misi dari Sistem informasi
Pada awal pemrosesan transaksi sistem dapat mengurangi kertas (paperless) dimana Pentingnya Manajemen Sistem Informasi mempunyai sasaran untuk mengukur produktivitas melalui prosentase waktu komputer, jumlah transaksi yang diproses dan jumlah baris yang ditulis tiap minggu. Selanjutnya fokus sistem informasi menghasilkan laporan dengan kasus query, pengecualian, ringkasan laporan untuk semua tingkatan manajemen. Sekarang sasarannya mendapatkan informasi yang benar dengan tujuan peningkatan performance organisasi untuk user dan group dalam organisasi.

Model teknologi yang sederhana
Aplikasi IT hanya untuk user tertentu saja hingga ditingkatkan semakin komplek dan handal dengan memandang sistem sebagai produk dan user telah menjadi customer sehingga Download Selengkapnya DiSini......


Tags: Sistem informasi manajemen, Sistem Informasi

8 comments:

Jayadin on 2 Juli 2010 03.04 mengatakan...

Terima kasih.
Ulasan yang cukup menarik.
Mohon share untuk digunakan untuk bahan tugas paper.

Jayadin MB IPB

icecube on 10 Juli 2010 08.09 mengatakan...

terima kasih atas infonya, bagaimana dengan peran sistem informasi manajemen itu sendiri?

erwin on 11 Juli 2010 09.33 mengatakan...

Izin menyimak...kebetulan sedang dapat tugas SIM.

Anonim mengatakan...

info yang cukup menarik...
Penerapan sistem informasi manajemen akan membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerjanya

agus trijaya on 11 Juli 2010 23.35 mengatakan...

infonya cukup menarik dan lengkap. ijin buat share sebagai tugas saya ya.. tq

Prana Dewananda on 15 Juli 2010 01.00 mengatakan...

Manajamen sistem infoemasi memang sangat diperlukan untuk mengatur organisasi, shingga manajemen organisasi tersebut dapat mengahasilkan kebijaksanaan atau keputusan yang benar dan tepat

bilabong on 22 Juli 2010 01.31 mengatakan...

Tulisan tsb dpt menjadi referensi dlm memahami Sistim Informasi manajemen. Tks..

bilabong on 22 Juli 2010 01.33 mengatakan...

Tulisan tsb dpt dijadikan referensi dlmm memahami Sistim Informasi Manajemen. Tks..

Poskan Komentar

Ngobrol yuk seputar Makalah Manajemen ?? :-)
Jika ingin komentar Silahkan berkomentar ya teman ^_^

Ada kesalahan di dalam gadget ini