Sabtu, 12 Juni 2010

Manajemen Pemasaran


Manajemen Pemasaran adalah sebuah proses sosial dan manajerial dimana  individu-individu dan   kelompok-kelompok  tertentu untuk  memperoleh apa yang mereka butuhkan dan   inginkan dengan membuat atau menciptakan dan  saling  mempertukarkan produk dan jasa serta nilai satu  sama lain atau bisa di artikan jiga salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan tertentu untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk terus berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh-jauh hari  sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus memberikan kepuasan kepada konsumen atau pelanggan jika menginginkan usahanya berjalan terus dan berkembang, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah perencanaan, penganalisaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor yang paling penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran".

Konsep Pemasaran Inti:
- Kebutuhan manusia (human ned) : keadaan dimana seseorang akan merasa kehilangan sesuatu
- Keinginan manusia (human wants): pola kebutuhan manusia yang dibentuk oleh kebudayaan dan kepribadian oleh individu
- Permintaan : keinginan manusia yang didukung daya beli
- Produk : segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan atau di-konsumsi dan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan, meliputi obyek2 phisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan ide.
- Pertukaran : tindakan untuk memperoleh obyek yang diingin-kan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya
- Transaksi : perdagangan antara dua pihak yang melibatkan setidaknya dua benda/hal yang bernilai, syarat-syarat yang disepakati, waktu berlakunya per-janjian dan tempat perjanjian.
- Pasar : himpunan para pembeli aktual dan potensial dari suatu produk
- Pemasaran : bekerja dengan pasar untuk mewujudkan per-tukaran demi menawarkan kebutuhan dan keinginan manusia dalam Manajemen Pemasaran untuk Download Selengkapnya diSini......

0 comments:

Posting Komentar

Ngobrol yuk seputar Makalah Manajemen ?? :-)
Jika ingin komentar Silahkan berkomentar ya teman ^_^